Diposkan pada My Task

MASA BERTAHAN VIRUS CORONA DI LUAR TUBUH MANUSIAšŸ˜·

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkangangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Berapa lama virus Corona bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia?

– SARS-CoV-2 dapat bertahan 3 jam di udara
– Virus ini mampu bertahan hingga 4 jam di tembaga
– bertahan 24 jam di kemasan kardus
– mampu bertahan 2-3 hari di permukaan plastik dan stainless
– mampu bertahan 9 hari di permukaan logam, plastik dan kaca

Virus bisa bertahan selama itu jika benda-benda tersebut tidak didisinfektan.
Sehingga sangat mungkin orang tertular virus corona ketika menyentuh permukaan yang sudah terkontaminasi, “lalu menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka,” jelas badan kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/ CDC).
Meski begitu, virus itu dengan cepat menjadi tidak aktif saat disemprot menggunakan disinfektan biasa.
Ilmuwan juga menambahkan bahwa virus semacam itu cenderung bertahan paling lama di lingkungan bersuhu rendah.  

Jangan lupa untuk menjaga diri, sering mencuci tangan dan jika dirasa tidak penting untuk pergi keluar, mari hindari keramaian.

STAY SAFE EVERYONEā¤

Diposkan pada Nature

INDAHNYA TAMAN-TAMAN TULIP DI BELANDA INIšŸŒ·

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan bunga yang indah dengan berbagai macam warna ini kan?

Kebanyakan orang mengira bunga tulip berasal dari negeri kincir angin. Akan tetapi, bunga Tulip sebenarnya bukan dari Belanda melainkan dari Turki. Bentuk bunganya yang unik, ditambah variasi warnanya.

Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.

Negara Belanda memang terkenal akan bungaĀ Tulip-nya. Sampai Belanda dikenal dengan Ikon bunga Tulipnya. Berikut ini beberapa taman-taman indah di Belanda dengan Bunga Tulip-nya.

1. Taman Keukenhof

Keukenhof terletak tepatnya diĀ Holland Selatan, di antara kota Hillegom dan Lisse, di selatan Haarlem dan baratdaya Amsterdam.Ā Karena keindahannya, Keukenhof dijuluki Garden of EuropeĀ atau taman Eropa. Keukenhof juga merupakan taman bunga terbesar di dunia. Taman yang bersih dan udara yang segar semakin menambah keindahan taman ini. Dan perlu di catat bahwa taman ini hanya dibuka pada musim semi.

2. Noordoostpolder

Noordoostpolder sendiri tepatnya terletak di Provinsi Flevoland. Flevoland adalah provinsi termuda dan terluas di Belanda.
Di tempat ini juga selalu diadakan sebuah festival setiap tahun yakni, Festival bunga tulip akan diadakan di ladang tulip itu sendiri.

3. Noordwijkerhout

Noordwijkerhout ialah kawasan tanah subur yang terletak di antara Kota Leiden dan Haarlem dengan ladang luas bunga tulip yang terkenal.
Noordwijkerhout atau juga disebut dengan julukan de Duin en Boolenstreek yang artinya kawasan bukit pasir dan bunga tulip.
Hal ini karena Noordwijkerhout letaknya berdekatan dengan pantai dan juga memiliki hamparan bunga tulip yang tumbuh menjadi satu kesatuan yang mengagumkan.

Diposkan pada Study

PENGGUNAAN IN, ON, ATšŸ“š

IN, ON, ATĀ adalah preposisi yang bisa berfungsi untuk menunjukan tempat dan waktu.Ā 

ā˜†Preposition of Place(tempat)ā˜†

IN digunakan untuk menunjukan tempat secara general atau umum dan biasanya menunjukan negara, benua atau kota.
Contoh : I live in Jakarta
(Menggunakan “in” karena Jakarta menunjukan kota dan masih sangat luas)
Bisa juga untuk menunjukan kata benda tempat umun misal : in a market, in a hospital, etc.

ONĀ pada permukaan secara horizontal atau verticalĀ (surface), maksudnya? Iya, jadi digunakan untuk suatu benda yang menempel atau terletak di suatu permukaan
Contoh : On the carpet, On the wall, i saw her photo On Instagram, etc.

AT digunakan untuk menerangkan posisi secara spesifik atau terperinci.
Contoh : i wasĀ atĀ Oktaā€™s house yesterday.
Nah, kita bisa melihat bahwa posisi yang dikatakan adalah poin yang spesifik. Kita menunjukkan suatu tempat di mana tak ada tempat lain selain tempat yang kita maksudkan tersebut.

ā˜†Preposition of Time(Waktu)ā˜†

IN digunakan untuk menunjukan waktu yang masih sangat umum.
Contoh :
– I woke up earlyĀ inĀ the morning.
– InĀ the evenings, She likes to exercise.

IN juga digunakan sebagai penunjuk waktu untuk bulan, tahun, dekade.

ON digunakan untuk menunjukan waktu yang lebih spesifik sepertiĀ hari, tanggal, dan hari besar, atau hari-hari spesial.
Contoh : This festival will be heldĀ onĀ October 3rd, 2020.

AT digunakan untuk menunjukkan waktu yang sangat spesifik sepertiĀ jam.
Contoh : The bus will stop hereĀ atĀ 5PM.

Semoga bermanfaat.

Diposkan pada Nature

BUNGA EDELWEISšŸŒ¼

Apa kalian pernah mendengar atau melihat bunga ini? Ya, Edelweis namanya. Biasanya juga orang sering menyebutnya dengan Everlasting Flower (bunga keabadian) atau bunga yang tak pernah mati karena yang menakjubkan dari bunga ini ialah umurnya mampu bertahan hingga seratus tahun. Tumbuhan langka dan dilindungi ini sering dianggap sebagai perlambang cinta, ketulusan, pengorbanan, dan keabadian.

Namun, bunga ini hanya dapat ditemukan di daerah dataran tinggi, seperti di daerah pegunungan di Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Lombok. Dan bunga Edelweis sendiri hanya dapat tumbuh di tempat dengan sinar matahari yang penuh.

Beberapa arti dari bunga ini yang saya suka :

1. Perjuangan

Bunga Edelweis menghabiskan masa hidupnya di atas tanah kering dan miskin air atau unsur hara, meskipun begitu, dia akan terus berjuang untuk hidup supaya mampu memberikan keindahan yang ada pada dirinya kepada para pendaki.

Kita, sebagai manusia yang menjalani kehidupan di dunia ini, sudah pasti mengalami masalah dan menanggung beban hidup. Meskipun demikian, seberat apa pun masalah dan beban yang kita pikul, kita harus tetap berjuang untuk melaksanakan semua tugas dalam kehidupan, berjuang supaya mampu memberikan manfa’at untuk banyak orang, berjuang supaya hidup tidak sia-sia, berjuang dan berjuang, sebagaimana bunga Edelweis yang terus berjuang untuk tetap hidup di atas tanah yang kering dan tandus.

2. Ketulusan Dalam Menerima Keadaan

Belajar pada arti bunga Edelweis, bunga yang tulus dalam menerima keadaan. Dalam hidup, kita tidak selamanya merasa senang atau bahagia, terkadang ada bagian-bagian kehidupan yang mampu membuat kita sedih bahkan menangis.

Betapa sulitnya kehidupan ini sehingga ada sebagian orang yang menggambarkan kehidupan sebagai kutukan atau siksaan. Meskipun demikian keadaan yang harus kita terima, bahwa hidup tidak seindah bayangan, tuntutan untuk menerima kehidupan dengan hati ikhlas harus tetap kita laksanakan, jangan mengeluh sehingga kita mampu menjadi pribadi kuat yang mampu mengubah hidup yang kejam menjadi sesuatu yang indah.

sumber : pendakigunung(dot)top

Diposkan pada Nature

MAKNA BUNGA MATAHARIšŸŒ»

Kenapa diberi nama bunga matahari, karena bunga ini tumbuh ke arah matahari berada.

Berikut adalah beberapa makna dari bunga matahari :

1. Kesetiaan dan Pemujaan

Bunga cantik berwarna kuning ini memiliki diameter yang besar dengan ciri khas pertumbuhannya selalu mengikuti arah matahari. Saat pagi hari, kalian dapat melihat bunga matahari menghadap ke arah timur, sedangkan pada sore hari bunga matahari mengalami pergerakan mengikuti arah matahari sehingga akan menghadap ke arah barat.

Keunikan tersebut dikenal dengan istilah fototropisme. Karena keunikannya itulah, sebagian orang melambangkan bunga matahari sebagai simbol pemujaan dan kesetiaan karena bunga matahari layaknya bunga yang selalu memuja matahari sehingga ia selalu setia dan tidak pernah membangkang.

2. Semangat

Bunga matahari sering dijadikan sebagai simbol semangat dan optimisme. Warna kuning yang menyala seakan berhasil membangkitkan kehidupan seseorang supaya lebih ceria, kreatif, dan bersemangat. Bunga ini mampu memberikan energi positif baginyang melihatnya.

3. Persahabatan

Memiliki warna yang cerah, bukan berarti bunga matahari itu bunga yang menggambarkan kesan romantis. Simbol kesetiaan yang ada pada bunga matahari lebih dekat pada persahabatan atau persaudaraan. Dengan kata lain, arti bunga matahari merujuk pada keceriaan dan kesetiaan kepada saudara atau sahabat, bukan kekasih.

4. Kekuatan

Bentuk Bunga Matahari yang selalu tampak begitu tegak berdiri dan tidak mudah rapuh juga melambangkan perasaan tegar dan tidak mudah menyerah. Memberikan bunga ini pada seseorang dapat menjadi bentuk dukungan kamu bahwa sang penerima bunga dapat menjalani atau melewati apapun dalam hidupnya dengan kekuatan yang dia punya.

Diposkan pada Food

BEBERAPA MAKANAN KHAS DARI KOREAšŸ³

1. KIMCHI

Ya, makanan yang satu ini merupakan yang paling terkenal, kimchi merupakan salah satu makanan tradisional Korea yang terbuat dari bahan sayur yang telah difermentasi dan umumnya kimchi ini terbuat dari sawi putih dan lobak yang dicampur dengan bumbu bawang ataupun semacamnya. Di korea sana, banyak sekali jenis kimchi selain yang terbuat dari sawi lho.

2. JAJANGMYEON

Aslinya, mie ini berasal dari cina tepatnya dari daerah beijing dan di cina sana di panggil Zhajiangmian.
Kalau di korea, kata jajang sendiri berarti saus goreng danmyeon artinya mi. Saus untuk Jajangmyeon menggunakan pasta kedelai hitam (kedelai yang dipanggang atau dibakar) yang disebut dengan chunjang kemudian ditambah bawang merah hitam, zucchini atau timun jepang, dan daging merah atau seafood. Mirip dengan mie ayam, mie yang digunakan di jajangmyeon menggunakan mie yang besar-besar dan tak lupa ditambah potongan daging bersaus kacang.

3. KIMBAP

Kimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. Biasanya orang Korea sering
menyantap Kimbap disaat piknik serta disajikan berdampingan dengan Kimchi.

4. BIBIMBAP

Bibimbap adalah sebuah masakan dari Korea yang berupa nasi putih dengan lauk di atasnya. Bibim artinya campur dan bap artinya nasi. Jadi, Bibimbap artinya nasi campur. Didlama bibimbap terdapat beberapa macam sayur rebus seperti wortel, bayam juga toge. Bisa juga ditambahkan dengan telur setengah matang ataupun daging.
Bibimbap pula dicampur dengan saus Gochujang dan Gochujang sendiri merupakan pasta cabai untuk masakan Korea yang bahan utamanya adalah beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi.

5. BULGOGI

ini adalah masakan daging asal Korea. Daging yang di gunakan adalah daging sapi yang bagus seperti Sirloin. Menu ini terbuat dari irisan daging sapi yang di celupkan dalam saus yang terbuat dari jus buah pir, bawang putih, kecap, dan lainnya. Di Jepang, makanan sejenis ini di sebut Yakiniku. Namun, bumbu daging untuk Bulgogi di buat lebih manis.

6. TTEOKBOKKI

TteokbokkiĀ adalah makanan dari korea, yang biasanya dijadikan cemilan yang berupaĀ tteokĀ dari tepung beras dan dimasak dalam bumbuĀ khusus gochujangĀ yang rasanya pedas dan manis.

Diposkan pada Random

KACAMATA YANG SESUAI DENGAN BENTUK WAJAHMUāœ…

Apa kabar semua, jumpa lagi di
it’s me, Okta!

Buat kalian-kalian yang mau beli kacamata tapi bingung mau bentuk apa dan pengennya sesuai sama bentuk wajah kalian, nih aku ada sedikit tips

Yuk, check this out!!!!!

1. Bentuk wajah Bulat

Bentuk wajah bulat artinya ia memiliki wajah yang tulang pipi, dahi, dan rahang sama lebarnya. Sehingga tak ada sudut yang paling menonjol terlihat di wajah.

pemakai kacamata ini tampak cocok untuk memilih kacamata dengan bingkai persegi panjang yang lebih lebar atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi.

Tapi perlu diingat pemakai kacamata berwajah bulat harus menghindari bingkai kacamata yang berbentuk bulat juga dengan gagang kacamata tebal dan warna gelap.

2. Bentuk wajah Oval

Bentuk wajah oval merupakan bentuk wajah yang dinilai paling ideal pada manusia. Cirinya yaitu bagian tulang pipi lebar sedangkan bagian dahi maupun rahang lebih sempit.

Bingkai kacamata apa pun untuk yang berwajah oval dianggap cocok untuk pemakainnya. Namun, jika ingin menjaga keseimbangan alami dari bentuk wajah oval, tidak disarankan untuk mencari bingkai kacamata yang lebih lebar dari bagian terluas wajah.
Juga bentuk wajah oval bisa memilih bingkai kacamata yang tebal dan lebar.

3. Bentuk wajah Kotak

Pemilik wajah kotak memiliki ciri dahi yang lebar dan rahang yang kuat. Lebar dan panjang wajah memiliki proporsi yang sama.

Tips dari saya yang memiliki wajah kotak, pilih bingkai kacamata yang justru berbentuk oval atau bulat.
Dan hindari bingkai kotak bagi kamu yang memiliki wajah kotak.

4. Bentuk wajah Hati

Ciri dari bentuk wajah ini adalah dahi lebar, tulang pipi tinggi dan menyempit sehingga menyerupai bentuk hati.
Lalu, model kacamata yang cocok untuk si wajah hati ini adalah jika menggunakan kacamata dengan tanpa bingkai depan. Hal ini membuat dahi dan rahang seimbang dan meminimalkan lebar dahi dan menarik mata ke bagian bawah wajah kamu. Yang perlu dihindari ialah memilih bingkai dengan posisi gagang kacamata yang tinggi.

5. Bentuk wajah Diamond

Ciri dari bentuk wajah unik ini adalah dahi sempit, garis rahang tajam. Lalu, untuk kalian yang memiliki wajah diamond pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya dan hindari kacamata dengan frame bersudut tegas.

Sekian.

Semoga Bermanfaat šŸ™.

Diposkan pada Food

CARA MEMBUAT PANCAKEā™Ø

Pancake adalah jenis kue dadar yang terbuat dari tepung terigu, dan biasanya diatasnya diberikan toping.

Berikut cara membuatnya :

Bahan untuk pancake :
Tepung terigu 100 gr
Susu cair 250 ml
Sedikit garam
Telur 1butir
Margarin secukupnya untuk olesan

Bahan untuk toping(sesuai selera) :
Sirup mapple/Madu
Es krim/Gula bubuk
Coklat leleh

Peralatan :

Wajan anti lengket/teflon
Wadah dengan berbagai macam kuran
Gelas takar
Kuas

Langkah awal :
masukkan susu cair ke dalam wadah terpisah.
Ayak tepung terigu dan masukkan dalam wadah terpisah
Pisahkan bagian kuning telur dan putihnya.
Masukkan masing-masing ke dalam dua wadah yang terpisah.

Cara membuatnya :

Siapkan wadah untuk adonan pancake, masukkan tepung terigu, kuning telur dan garam.
Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk-aduk adonan, aduk sampai merata dan benar-benar tercampur.
Jika masih ada gumpalan atau gelembung pada adonan, aduk lagi sampai menghilang.
Gunakan mixer untuk mengocok putih telur pada wadah yang berbeda.
Setel pengatur kecepatan ke mode tinggi pada mixer.
Tuangkan adonan putih telur ini ke dalam adonan tepung terigu. Dengan menggunakan spatula, aduk-aduklah adonan hingga merata.
Siapkan teflon atau wajan anti lengket diatas kompor yang menyala dengan api kecil, lalu cairkan sedikit margarin.
Setelah wajan menjadi cukup panas, tuangkan kira-kira 2.5 sendok sayur adonan lalu tutupilah wajan dengan penutupnya.
Tunggu sebentar lalu baliklah adonan tersebut.
Lakukan sampai matang dan berwarna kecoklatan.Kemudian, angkat adonan dan letakkan diatas piring.
Taruh 2 scoop ice cream atau gula bubuk di atasnya, lalu tambahkan sedikit sirup maple dan lelehan coklat.
Lalu kalian juga bisa menghiasnya dengan buah strawberry atau cherry diatasnya.

~Selesai~

Diposkan pada My Task

6 Demons (Part 14)

…cerita sebelumnya

Malam itu, lagi-lagi ditempat tinggal Emma sangatlah mencekam, rumah itu seakan menjadi saksi bisu bahwa memang ada yang tidak beres dari Emma. Emma yang lagi-lagi bereaksi membuat keluarga mengambil jalan memanggil seorang Ustad. Setelah beberapa lama, Pak Ustad yang dikenal dengan nama Ustad Imam pun datang, ia meruqyah Emma dengan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Seperti yang diketahui bahwa ayat tersebut seakan-akan tidak mempan untuk Emma. Emma menjerit, meraung-raung kesakitan seakan sosok lain tersebut mengambil alih diri Emma dan membuat ia melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan manusia pada umumnya. Lalu seakan semua energi Emma dikeluarkan untuk membalas semua yang Pak Ustad lantunkan. Rasa panas dan mencekam menyelimuti rumah pada malam itu, ibu Emma tak henti-hentinya menangis dan berdoa agar putrinya bisa diselamatkan dengan jalan ini.

Waktu seakan berjalan begitu lama, Pak Ustad Imam dengan tasbihnya masih bergelut dengan Emma yang semakin kuat, ayah Emma terus memegangi putrinya dengan penuh harap, ibu dan adiknya mengharapkan yang terbaik untuk Emma, seseorang yang sangat mereka cintai.
Setelah melewati lamanya proses ruqyah itu, Emma kalah, terbaring tak sadarkan diri. Ia pingsan, sebelum Emma pingsan Pak Ustad Imam sempat mendengar Emma mengucapkan kata-kata yang sulit diterjemahkan. Kata-kata yang aneh, namun seakan itulah petunjuk dari apa yang terjadi oleh Emma. Namun, itu tak diambil pusing oleh Pak Ustad Imam dan keluarga Emma. Mereka lega karena sesi mengerikan itu telah berakhir.

Lantas, apa yang terjadi selanjutnya?
Masihkah para iblis jahat itu mengambil alih diri Emma?
Atau ada cerita lain setelah sesi mencekam tersebut berakhir?

cerita selanjutnya

Diposkan pada Random

WHY WE ALWAYS FALL IN LOVE WITH PEOPLE WE CAN’T HAVE? šŸ˜„

Sebenarnya deg-deg an mau bahas ini.

Oke, tarik nafas dulu.

Apa itu ‘fall in love‘?

Ya, ini adalah bahasa inggris dari ‘jatuh cinta’. Lalu arti ‘jatuh cinta’ itu sendiri adalah sebuah perasaan yang menggambarkan seseorang saat menyukai orang lain.

Yap!

Sebuah proses alami yang begitu indah tetapi cukup rumit.
Rumit kenapa? Karena gak semua jatuh cinta itu indah, fall in love with people we can’t have contohnya, kata lainnya ya, cinta bertepuk sebelah tangan.

Mau bahas ini karena sayangnya, ini terjadi pada kebanyakan orang pada tahap kehidupan mereka dan itu menyebalkan!

Oke, lanjut.

Jadi, disini aku mau bahas secara singkat aja kenapa sih kita selalu jatuh cinta sama orang yang tidak bisa kita miliki.

1. Gengsi
Karena punya banyak pertimbangan ini dan itu, biasanya kalian pasti bakalan gengsi untuk mengungkapkannya dan hal-hal dibawah selanjutnya lah penyebab gengsi ini ada.

2. Takut dan khawatir
Ya kan? Biasanya ini sih, takut untuk mengungkapkan kalau kita sebenarnya suka sama dia, kita udah takut duluan, khawatir ditolak, takut dianya menjauh, karena itu kita tetap memilih bungkam dan meneruskan hubungan pertemanan saja lalu pendam terus sampai lulus.

3. Merasa Gak Aman (Insecure)
Yep, inilah problematika aku dan kalian-kalian pastinya. Karena pasti didalam hati kita, kita memiliki keraguan pada diri sendiri dan membenci diri kita sendiri, padahal kita harus ingat bahwa kita layak kok untuk dicintai. Dan jika kalian percaya diri maka kalian akan menemukan ternyata betapa bernilainya kehadiran kalian.

4. Overthinking (terlalu banyak pikiran)
Ketika kita jatuh cinta kepada seseorang lalu orang itu tidak membalasnya, kita mulai mempertanyakan eksistensi kita di dunia deh, berpikir ini itu sampai yang engga-engga seperti
“Aku kayaknya gak layak deh sama dia”, “muka kentang kayak gini emang dia lirik? :(” . Hal ini akan terus berputar di otak, menyebabkan overthinking lalu balik lagi deh ke poin 2 yaitu insecure.

5. Malu
Ya, gak jauh beda sama takut ataupun khawatir, malu dalam mengungkapkan pun alasannya dibalik semua ini, dan pada akhirnya kita lebih senang untuk berjalan saja seperti ini.

6. Terhalang ‘sesuatu’
Kalau untuk kasus ini yaitu untuk mereka yang menyukai seseorang namun terhalang perbedaan seperti halnya usia, agama, suku, status sosial, dan semua yang membuat harapan-harapan indah itu akhirnya lenyap begitu saja.
Lalu pada akhirnya yang bisa kita lakukan sekarang adalah yaitu selalu ada untuknya dan mendukung kebahagiaannya.

Jadi, sebenarnya jatuh cinta sama seseorang tidaklah salah. Jatuh cinta dengan seseorang yang tak bisa kita miliki juga bukanlah kesalahan.

Untuk sekarang lebih baik kita fokus sama hal-hal positif terlebih dulu aja yuk, juga kalau memang masih mikirin cinta-cintaan setidaknya fokuslah untuk menemukan orang-orang yang memang tertarik sama kita dan coba berikan kesempatan untuk mereka.
Ayo!

YOU DESERVE BETTER!!!

Sekian.

Maaf banget nih.

Terima kasih.

If you love someone, tell them.

Nothing wrong with that.