Diposkan pada Study

PERBEDAAN JUST & ONLY 📚

Selamat datang kembali!
Ada banyak sekali kosakata dalam bahasa Inggris yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dapat memiliki arti yang sama. Contohnya just & only.
Pasti banyak dari kalian yang bertanya-tanya soal perbedaan Only & Just dalam bahasa inggris, bukankah dalam bahasa inggris keduanya memiliki arti “hanya”? Nah, untuk memperjelas nya saya akan membahasnya di artikel kali ini.

“JUST”

Just dan Only sama-sama berada dalam kelas kata Adverb (kata keterangan).

Contohnya menerangkan :
– I just bought a chocolate (Saya baru saja membeli cokelat).
Just menerangkan kapan saya membeli cokelat, yaitu baru saja atau beberapa saat yang lalu.

Just digunakan untuk beberapa makna :

● Recently (Baru saja terjadi)
Contoh :
• I just finished my Assignment./Aku baru saja menyelesaikan tugasku.

● Menunjukan Jarak
Contoh:
– You can just easily get there by bus./Kamu dapat dengan mudah sampai di sana dengan bus.

● Only (Hanya)
Contoh :
– I just want to see my grandmother, it won’t take long./Aku hanya ingin menemui nenekku, itu tidak akan lama.

● Perfectly (Dengan Sempurna)
Contoh :
– It’s just what I wanted for our anniversary this year. Thank you so much./Hanya itu yang saya inginkan untuk peringatan kita tahun ini.  Terima kasih banyak.

“ONLY”

Only penggunaannya ialah untuk menerangkan bahwa kegiatan itu saja yang dilakukan.

Contoh : my boss only speak to me. If he need. /bos saya hanya berbicara pada saya kalau membutuhkan.

Only juga digunakan dalam beberapa makna :

● No other(s) of the same group (tidak ada yang lain lagi/satu-satunya).
Contoh :
– Samuel is the only person who can dive in the sea. (Samuel adalah satu-satunya orang yang bisa menyelam di laut)

● Sesuatu yang Eksklusif
Contoh :
– The discount is valid for students only./Diskon ini hanya berlaku untuk siswa.

● Menyatakan Harapan
Contoh :
– If only you were here by my side./
Andai saja Anda ada di sini di sisiku.

● Keterangan Berupa Kualitas
Contoh :
– He’s not only a great husband, but also a great father for my kids./Dia tidak hanya seorang suami yang hebat, tetapi juga seorang ayah yang hebat untuk anak-anak saya.

~Sekian & Semoga Bermanfaat~

Penulis:

Mohon maaf atas kesalahannya, karena saya masih amatir 👍

Tinggalkan komentar